Thursday, January 31, 2008

Teater IB gelar "tahun bunuh diri"

PADANG- Teater Imam Bonjol kembali mengadakan pertunjukan teater, kali ini mengusung tema “Tahun Bunuh Diri”.
Seperti yang disampaikan Alexsander, sutradara pementasan, kepada padangmedia.com, selepas pentas, kamis (17/01), bahwa tema tersebut diambil untuk mengingatkan bahwa merayakan tahun baru sama saja dengan merayakan kematian yang semakin dekat, dan orang kebanyakan tidak menyadari hal itu. “ Karena banyak yang tidak sadar dengan hal tersebut jadi kami mengusung tema tahun bunuh diri,” ujar Alex.
Selain tema tersebut, penampilan teatrikal kali ini juga mengangkat masalah-masalah yang terjadi sejak dulu di sekitar kampus IAIN seperti gedung yang berantakan, lapangan parkir yang tak terpakai dan kurikulum yang berganti-ganti. Hal ini disampaikan Rahmat Rahmat Doni, salah seorang pemain dalam garapan tersebut mengatakan bahwa banyak masalah yang terjadi di kampus IAIN dan tak terselesaikan karena banyak kewajiban diberikan kepada yang tidak mampu mengembannya. “Jadi sebaiknya IAIN diberikan kepada yang ahli, agar kampus kita bisa maju,” jelas Doni.
Penampilan teatrikal yang diadakan di lapangan parkir kampus IAIN Imam Bonjol tersebut mengundang antusias mahasiswa yang hadir.
Pertunjukan teater IB tak hanya diisi dengan penampilan teater, namun juga diadakan mimbar bebas, dimana para mahasiswa yang hadir saat itu dapat menyampaikan wacananya tentang isu yang marak belakangan ini seperti pemanasan global, kebersihan di IAIN sampai tentang status gedung student center.
Dedi, salah seorang anggota teater IB menyampaikan bahwa pertunjukan ini sangat menghibur bagi para mahasiswa yang hadir. “Pertunjukan ini cukup menghibur, namun terlalu banyaknya gerakan menyebabkan pesan yang disampaikan dalam pertunjukan tak tersampaikan secara utuh kepada penonton,’ujar Dedi. Dedi juga menambahkan agar acara seperti ini sering diadakan, sehingga para mahasiswa secara tak langsung diajak untuk peduli dengan isu-isu yang berkembang di kampus dan di sekitar mereka. (dodo)

1 comment:

icha said...

Hai bang Dodo, cha kangen pengen bagarah samo bang dodo. ba a ndak mancogok bang ka padang media??cha tiok minggu kesitu ikut sanggar pelangi. Puisi bang alah cha terbitkan di blog cha, ancak mah hehehee

blog bang ancak lo nyoh hahahaha
bilo2 wak cobok liak yo bang. dima cha bisa buek diary lai bang???? cuma disitu kawan curhat cha nyoh hiks hiks